Cara Belajar Sistem Pendukung Keputusan – Part 1

Haiii selamat pagi… semoga kita selalu berada di jalan yang benar dan dijaga kesehatannya oleh Allah SWT. Oke, artikel kali ini akan membahas mengenai Sistem Pendukung Keputusan atau biasa dikenal dalam bahasa inggrisnya Artificial Intellegence (AI), yang merupakan salah satu mata kuliah yang sedang saya jalani di Magister Komputer Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang.



Gambar 1. Teknik Artificial Intellegence (AI)
Banyak dari kita yang belum memahami apa yang dimaksud dengan Sistem Pendukung Keputusan atau AI (Artificial Intellegence), bagaimana menerapkan Sistem Pendukung Keputusan atau AI (Artificial Intellegence), Lalu bagaimana cara belajar system pendukung keputusan. Dan akan banyak lagi yang dapat menjadi pembahasan dari Sistem Pendukung Keputusan atau AI (Artificial Intellegence) ini.
Dari buku yang berjudul Konsep Dasar Sistem Pakar yang ditulis oleh Muhammad Arhami, saya mengutip tulisan bagian ini, “AI menjadikan computer berakting dan bergaya seperti halnya para artis berakting di bioskop”. Kenapa dikatakan seperti itu, karena dengan banyaknya permasalahan yang terdapat pada dunia kita saat ini, AI dapat menyelesaikannya dan hasil dari AI yang merupakan aplikasi, juga menjadi sebuah hasil yang telah sangat banyak dikomersilkan.
Kita harus tahu, Intelligent merupakan kumpulan dari beberapa bagian ini, yaitu berpikir, memahami, automatis, jadi jika kita rangkum, kita akan dapat mengatakan Intellegent memiliki kemampuan untuk memahami dan belajar, dan hasil darinya adalah pengetahuan.
Pada artikel ini, saya akan menitik beratkan pembahasan kita pada metode Forward Chaining dan Backward Chaining, tapi akan dibagi menjadi beberapa bagian artikel yang akan secara continue saya publish.
Berikut ini adalah konsep dasar dari pengetahuan yang akan diubah menjadi rule production jika berada di Expert System.
Saya rasa cukup sekian dari pengenalan konsep dasar ini, Semoga artikel mengenai konsep dasar dari Sistem Pendukung Keputusan atau Artificial Intellegence (AI) dapat membantu pembaca dalam mengembangkan atau pun menambah wawasan pada Ilmu Komputer.

Mari Belajar Teknologi Informasi

1 Response to "Cara Belajar Sistem Pendukung Keputusan – Part 1"

  1. bagus gan,,tapi kurang jelas lain kali mau yg lengkap ya tentang sistem pendukung keputusan,,buat bantu di konsentrasi..
    My blog

    ReplyDelete